hujan

 

Hujan hari itu, mungkin menjadi hujan terakhir bagimu, ya, kaupun sepertinya merasakan itu. Kamu, seseorang yang menurutku mengidap ombrophobia paling akut, kala itu terlihat bahagia. Senyummu merekah, senyum terindah yang pernah kulihat selama aku mengenalmu. Hari ini hujan, dan hujan ini, secara tidak sadar mengembalikan memoriku di hari itu.

“Kenapa sih lo ngga suka hujan?” Tanyaku padamu.

“Kalo lo tanya kenapa, gue juga ngga tau kenapa. Coba deh gue tanya, lo kenapa ngga suka gelap?” Jawabmu membalikkan pertanyaanku

“Ah, itu sih beda soal, banyak kok orang yang ngga suka gelap, lo tau sendiri, gelap itu.. nakutin.”

Seketika tawamu meledak, “Hah? Lo takut gelap? Takut didatengin hantu? Hahaha”

“Ih, biarin. Lo tuh yang aneh! kenapa benci hujan? Hujan itu menenangkan tau ngga sih dan lo bisa ngerasain kebebasan bersama turunnya hujan!” aku menggerutu kesal.

“Huh, bilang aja kalo hujan itu ngingetin lo sama drama-drama picisan yang suka lo tonton, ujung-ujungnya galau lagi galau lagi” ujarmu menggodaku sambil tetap tak bisa menahan tawa.

Hujan hari itu, kau bilang kau ingin mencoba menyukai hujan karena aku sangat suka hujan. Kau menarikku ke tengah hujan yang kala itu sangat deras, dan kau bilang,

“Ini kan yang lo suka?” Tanyamu berteriak sambil tersenyum. Suaramu yang beradu dengan petir tiba-tiba membuat otakku tak bisa berpikir, jantungku rasanya berdetak cepat sekali, waktu terasa berhenti saat itu.

“Iya, gue emang suka hujan, tapi..” seketika itu juga, saat aku ingin melanjutkan ucapanku, kau terlihat pucat, sangat pucat. Walaupun tetap sambil tersenyum, dan kaupun jatuh.

***

aku ingin berdiri dibawah hujan bersamamu, walaupun hanya satu kali, aku ingin merasakan euforia kebebasan yang kau rasakan bersama sekumpulan hujan yang jatuh ke bumi

Sebaris tulisan di secarik kertas berwarna biru itu membuatku tak bisa menahan tangis, hujan itu, hujan pertama dan terakhir bagimu. Hujan hari itu masih meninggalkan sebongkah besar pertanyaan dan pernyataan, yang tak akan mungkin dapat kau jawab dan tak akan mungkin dapat aku nyatakan. Rasa itu.

3 thoughts on “hujan

Leave a Reply

