Dilema Perbedaan

Image

source: google

Aku dan dia berbeda, aku dan dia tidak memiliki jalan yang sama, otak kami selalu beradu, pemikiran kami selalu bergesekan. Aku dan dia memiliki pola pikir yang berbeda, tak pernah bersama dalam mengkiritisi fenomena. Aku dan dia berbeda, tak pernah seirama. Ia memilih kanan, aku cenderung memilih kiri. Aku memilih pulang, ia bersikukuh untuk tetap tinggal, seperti tak ada yang dapat menyatukan hati dan juga pemikiran kami.

Aku dan dia mungkin diciptakan berbeda. Berbeda keyakinan dan berbeda sudut pandang. Emosi menjadi satu-satunya hal yang selalu mempertemukan kami, kami selalu berujung pada satu teriakan, yang jelas-jelas bukan teriakan bahagia atau haru. Perbedaan selalu membuat kami berjalan sendiri, walaupun pada kenyataannya kami sedang berjalan beriringan. Perbedaan membuat kami merasa jauh, walaupun kenyataannya kami berada sangat dekat.

Kompetisi. Mungkin itu yang sedang kami lakukan, kompetisi untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal. Berusaha untuk menjadi ‘lebih’ dari yang mereka pikirkan. Tetapi kompetisi ini mulai tidak sehat, perbedaan ini mulai memperlihatkan kekuatannya yang membuat jurang pemisah antara aku dan dia. Aku dan dia seperti sudah tidak saling percaya, karena perbedaan. Aku dan dia berbeda, sangat berbeda dalam segala hal.

Ya, aku dan dia mungkin memang berbeda, mungkin tak pernah sejalan, dan mungkin tak pernah dapat menyuarakan pendapat yang sama. Tetapi, bukankah Tuhan memang menciptakan perbedaan itu? Dan ia menciptakan itu bukan hanya semata-mata untuk menimbulkan perpecahan. Ia menciptakannya justru untuk membuat manusia belajar bagaimana ia dapat hidup berdampingan satu sama lain, dengan berbagai karakter dan sifat. Dan kupikir, kami sedang melakukan hal itu. Mencoba untuk berlaku seimbang dan tidak hanya terpaku pada kepentingan pribadi yang selalu berusaha ingin lebih dari yang lain. Ya, ini susah. Tapi kami tahu, walaupun tersirat dan tak terucap, kami akan berusaha mempertahankan ini, terus, dan terus.

Leave a Reply

