Ekspektasi Logika: Sia-sia?

Dan aku selalu bertanya, apakah pada akhirnya semua akan sia-sia? Apakah perjuangan, harapan, mimpi, dan semua yang menanti di masa depan tak akan terjadi sesuai ekspektasi logika? Aku terbiasa mendapatkan segalanya. Ambisi, keinginan, dan ego yang selalu mendominasi akal sehat membuatku merasa harus mendapatkan apa yang kumau, sehingga tak ada sedikitpun yang kurasa sia-sia atas usaha yang kulakukan.

Sampai aku bertemu pada satu subjek yang sangat, amat, memberikan pelajaran bahwa tak semua yang kauinginkan bisa kaudapatkan, walaupun mungkin kau pikir kau telah melakukan segala usaha dan daya hingga entah harus berbuat apalagi. Hingga datang pada titik dimana kau akan mempertanyakan, apakah sesuatu memang layak untuk tetap diperjuangkan? atau lebih baik kau menyerah saja?

Cukup lama pula perdebatan itu bercokol dalam otakku, membagi logikaku dengan bidang akademik serta hal lainnya. Setelah beberapa waktu, tak sengaja aku menemukan sederet kalimat seseorang di linimasa salah satu jejaring sosial, Tuhan akan memberikan apa yang kau butuhkan, bukan yang kamu inginkan, ujarnya.

Tuhan lebih tau apa yang kau butuhkan dan ketika ia belum memberikan hal yang kamu inginkan, berarti Ia tahu, hal itu belum kau butuhkan. Ia akan memberikannya padamu, mungkin nanti, atau tidak sama sekali karena kamu sudah cukup kuat dengan semua instrumen-instrumen yang telah dianugerahkan kepadamu.

Ya, jika sudah seperti ini, apakah semua yang kau lakukan sia-sia hanya karena kau tak mendapat apa yang kau inginkan? Tidak. Tuhan selalu memberikan pelajaran lewat setiap skenario yang menjadikanmu aktor didalamnya. Agar kamu bisa belajar dan mengambil apa-apa saja yang dapat membuatmu semakin tangguh, semakin kuat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s